Cara Update Google Chrome dengan Mudah

Google Chrome merupakan salah satu aplikasi penjelajah web atau browser web terpopuler saat ini. Chrome banyak digunakan di berbagai platform dari PC, Android, Mac dan iPhone atau iPad. Secara berkala, Google memberikan update untuk Chrome yang bertujuan memperbaharui aplikasi dengan fitur baru maupun perbaikan dalam bentuk patch. Simak cara update Google Chrome dengan mudah untuk masing-masing platform.

1. Komputer PC

Bila update tersedia, biasanya Chrome memberikan notifikasi dalam bentuk ikon berwarna hijau pada web browser bagian kanan atas. Bila ikon berwarna orange, bertanda bahwa update telah dirilis beberapa hari yang lalu, atau bertanda merah bila telah dirilis lebih dari seminggu.

Untuk mengupdate, klik pada ikon Update yang berwarna, maka proses update akan berjalan. Dan bila terdapat ikon Relaunch, proses update telah selesai. Klik Relaunch untuk menyelesaikan proses update dan Chrome akan terupdate ke versi terbaru.

Bila sudah lama kamu tidak melihat ikon Update berwarna, kamu dapat mengupdate dengan cara manual. Pada Chrome di bagian kanan atas, klik pada ikon dengan tiga titik, kemudian pilih Help dan About Google Chrome. Halaman About akan tampil dan Chrome akan otomatis mengecek dan menjalankan update terbaru bila ada.

2. Mac

Buka Google Chrome. Klik pada ikon tiga titik di kanan atas. Bila update tersedia, klik Update Google Chrome, maka proses update akan berjalan. Setelah selesai, klik Relaunch untuk menyelesaikan update.

Bila tidak terlihat ikon Update Google Chrome, kamu dapat mengupdate dengan cara manual. Pada Chrome di bagian kanan atas, klik pada ikon dengan tiga titik, pilih Help dan About Google Chrome. Halaman About akan tampil dan Chrome akan otomatis mengecek dan menjalankan update terbaru bila ada.

3. Android

Buka aplikasi Play Store pada perangkat Android, kemudian pada Menu di sisi kiri atas pilih My Apps & Games. Pada daftar aplikasi, scroll dan cari Chrome dan sentuh. Sentuh Update yang ada pada kanan atas bila update tersedia. Update akan berjalan secara otomatis.

4. iPhone dan iPad

Buka aplikasi App Store pada perangkat Apple iPhone atau iPad. Klik pada menu Profile pada kanan atas. Pada daftar Available Updates, cari Google Chrome. Bila ada, klik Update untuk mengupdate ke versi terbaru. Masukkan kata sandi Apple ID bila ditanyakan. Update akan berjalan secara otomatis.