Mengapa Software Pembukuan Usaha itu Penting?

Akuntansi membantu mengatur pengeluaran dan pemasukan dalam usaha, dan juga memprediksi jumlah uang yang diperlukan di masa mendatang.

Bila Anda memulai usaha kecil dengan mengatur keuangan di rekening bank Anda di catatan maupun excel, itu bisa saja hanya untuk permulaan, tetapi Anda akan dapat mengerjakan tugas lebih baik dengan software pembukuan.

Software pembukuan yang efektif dapat membantu mengatur pengeluaran dan pemasukan, mengetahui piutang dan melihat berapa jumlah hutang yang perlu dibayar. Ini dapat membantu Anda mengatur arus kas, memahami apakah Anda memerlukan lebih banyak dana.

Apa Keuntungan dari Program Pembukuan?

Anda dapat mengenal lebih banyak dari usaha Anda, hanya dari program pembukuan.

  1. Mengetahui produk atau jasa yang perlu Anda tambah atau kurangkan berdasarkan laporan rugi laba
  2. Menjaga anggaran dan memprediksi kapan Anda mampu dengan pengeluaran lebih besar dengan memantau arus kas
  3. Mengirim faktur dan mendapat pemberitahuan bila belum dilunasi pada waktunya
  4. Melihat sukses (atau tidak) kinerja usaha Anda dengan membaca neraca
  5. Mengatur pembayaran gaji karyawan
  6. Mengekspor data untuk pembayaran pajak
  7. Mengetahui vendor yang mana belum di bayar dan melihat kapan mempunyai dana untuk melunasinya
  8. Menunjukkan ke potensi investor bagaimana bisnis Anda layak sebagai investasi

Software Keuangan

Adapun beberapa software program keuangan yang ada di pasaran seperti Quickbooks dan Swift Accounting. Beberapa yang dapat Anda akses dari beberapa komputer karena berbasis web, dan yang lainnya harus terinstal pada komputer. Cari software keuangan yang mempunyai fitur terbaik yang Anda perlukan untuk mengatur pembukuan Anda.

Tips

Pastikan rekening Anda di bank cocok dan sesuai dengan di software program keuangan. Jadwalkan sehari (biasanya hari pertama atau terakhir dalam setiap bulan) untuk mengirim faktur tagihan ke klien Anda, dan tentukan tempo untuk semuanya itu. Atur pembayaran yang tidak tepat waktu dan pertimbangkan apakah biaya telat itu perlu.

Tentukan siapa yang perlu mengakses software program dan mengatur pembukuan tersebut. Dan tentu saja, Anda sebagai pemilik perlu mengaksesnya.