Pembukuan Tradisional vs Software Akuntansi Online Berbasis SaaS

Pembukuan tradisional dengan tulis manual, Excel ataupun software program DOS atau windows yang lama sudah tidak memumpuni di era daring informasi dan teknologi yang berkembang makin pesat saat ini.

Riset menunjukkan banyak perusahaan sudah tidak lagi mengatur keuangan dan pembukuan usaha dengan kertas atau Excel. Kenyataannya, penggunaan software program on-premise atau tradisional juga semakin berkurang.

Di era digitalisasi, teknologi yang canggih seperti Artificial Intelligence (AI), Software-as-a-Service (SaaS), Otomatisasi dan Komputasi berbasis awan membantu usaha meningkatkan proses bisnis agar lebih efisien.

Swift Accounting adalah software akuntansi online yang canggih dan terdepan dengan pengantaran menggunakan teknologi SaaS.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana software akuntansi berbasis SaaS membantu usaha dalam sistem keuangan yang tepat dan akurat.

Yang terutama, software akuntansi berbasis SaaS didesain untuk mengurangi beban operasional usaha dalam jumlah cukup signifikan. Usaha tidak perlu menginvestasi pada hardware, software, biaya lisensi, server, tim IT dan lain-lain. Semua biaya tersebut ditanggung oleh vendor software akuntansi, dimana ini menguntungkan bahkan bagi UMKM dapat menjalankan usaha dengan biaya sekecil mungkin.

Usaha juga tidak perlu membuat kontrak jangka panjang dengan vendor software. Software akuntansi berbasis SaaS, seperti Swift Accounting, adalah solusi yang berorientasi ke pengguna. Usaha dapat menambah dan mengurangi pengguna sesuai keperluan dan hanya membayar sesuai dengan jumlah pengguna dan produk.

Dengan data tersimpan aman di cloud, pemilik usaha, direktur dan karyawan dapat mengakses ke informasi dan data bersamaan. Mereka dapat mengelola, mengatur dan melihat data dan laporan, kapan saja dan dimana saja. Karyawan dapat mencatat pembayaran dari pelanggan, membuat faktur dan menambah jurnal pembukuan, dengan smartphone dan tablet, dari mana dan saat apa saja. Jadi, software akuntansi yang canggih memberikan fleksibilitas, penghematan waktu dalam melaksanakan fungsi keuangan dalam usaha 24 x 7.

Software Akuntansi Online Swift Accounting, misalnya, didesain dengan dasbor, menampilkan informasi dari setiap transaksi bisnis dalam waktu nyata. Disamping itu, dasbor visual, mengintegrasikan semua proses keuangan, memberikan informasi di ujung jari pemilik atau pemimpin usaha, bahkan disaat dalam perjalanan. Mereka selalu mendapat informasi terkini dan membantu dalam mengambil keputusan penting secara efektif.

Software akuntansi berbasis SaaS menggabungkan teknologi disruptif yang melakukan penghitungan dan kalkulasi data dalam waktu singkat dan tepat. Selain memberikan kemampuan analisa, tapi juga mendukung bisnis dalam mengambil strategi dan implementasi dalam keuangan, yang akan menunjang perkembangan dan kesuksesan bisnis.

Ditambah, juga akan membantu memberikan informasi performa bisnis secara keseluruhan bagi investor, kreditor, pelanggan, supplier, bahkan karyawan. Kesimpulannya, software akuntansi yang advanced mengambil peran sangat penting dalam membantu bisnis menjadi lebih kompetitif dan menguntungkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *