Informasi Keuangan Bisnis

Mengapa Perlu Buku Keuangan?

Membuat buku laporan keuangan tampaknya ribet, terlebih saat kamu ada kerjaan lain contohnya di bagian produksi atau penjualan. Tapi sangat penting untuk diingat, beberapa alasan membuat buku keuangan yang baik, dan memberikan keuntungan bagi kamu.

Mengetahui Status Keuangan Bisnis

Tanpa laporan keuangan yang benar, kamu tidak akan pernah tahu tentang posisi keuangan kamu yang sebenarnya. Tidak semua pengusaha yang menjalankan bisnis, perlu laporan keuangan secara detail pada setiap akhir bulan, tetapi sangat berguna untuk kamu ketahui: Berapa uang yang ada di bank saat ini? Berapa piutang pelanggan? Atau berapa hutang ke supplier?

Bila kamu tahu jumlah piutang cukup untuk membayar kreditor dan bank, maka kamu pasti akan bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari. Dan sesungguhnya, apakah kamu tahu posisi keuangan kamu sekarang?

Membuat Keputusan Penting dalam Bisnis

Dengan laporan keuangan, stok dan transaksi jual beli terkini, kamu dapat membuat keputusan keuangan sekarang juga. Apakah kamu sanggup mengganti mobil pengantar barang? Apakah baik menambah jumlah karyawan saat ini? Tanpa adanya laporan bisnis yang memberikan informasi yang tepat, maka kamu tidak bisa membuat keputusan tersebut. Contohnya, membuat keputusan membeli sebuah mobil pengantar barang baru. Kamu perlu mengetahui posisi keuangan, arus kas, dan apakah keuntungan cukup? Dengan laporan bisnis, kamu dapat melihat buku kas, transaksi penjualan dan pembelian, buku besar dan arus kas.

Proses Audit Bisnis

Jika bisnis kamu adalah badan usaha, maka laporan keuangan perlu diaudit (dicek). Proses audit dilakukan oleh auditor atau seorang independen memiliki kemampuan melakukan audit. Beberapa alasan atau tujuan audit adalah menelusuri laporan keuangan dan mengetahui kondisi keuangan perusahaan, apakah profit atau loss untuk periode tertentu. Kemudian, untuk memenuhi kewajiban yang mengacu pada Undang-Undang Perseroan No. 40 Tahun 2007 Pasal 68, perusahaan wajib melakukan audit. Namun, tidak semua perusahaan diwajibkan melakukan audit. Berikut kutipan isi dari UU Perseroan No. 40 Tahun 2007 Pasal 68:

  1. Direksi wajib menyerahkan laporan keuangan Perseroan kepada akuntan public untuk di audit apabila:
    – Kegiatan usaha Perseroan adalah menghimpun dan/atau mengelola dana masyarakat;
    – Perseroan menerbitkan surat pengakuan utang kepada masyarakat;
    – Perseroan merupakan Perseroan Terbuka;
    – Perseroan merupakan persero;
    – Perseroan mempunyai aset dan/atau jumlah peredaran usaha dengan jumlah nilai paling sedikit Rp 50.000.000.000 (lima puluh miliar rupiah); atau
    – Diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan.
  2. Dalam hal kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dipenuhi, laporan keuangan tidak disahkan oleh RUPS.
  3. Laporan atas hasil audit akuntan publik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disampaikan secara tertulis kepada RUPS melalui Direksi.

Dalam pada audit, kamu atau perusahaan harus menyiapkan beberapa diantaranya seperti (1) uang sebagai pembayaran jasa auditor, (2) bukti yang merupakan informasi atau dokumen, dan (3) laporan keuangan. Tanpa laporan keuangan, auditor tidak dapat mengakses informasi yang diperlukan dalam membuat laporan audit.

Mendiskusikan Posisi Keuangan dengan Pihak Tertentu

Dalam berbisnis, kamu mungkin perlu memberikan informasi keuangan ke pihak tertentu seperti bank. Misalnya, jika kamu ingin menggunakan pinjaman dari bank, maka bank akan meminta kamu memberikan informasi piutang customer, hutang pemasok, agar mereka dapat mengetahui perkembangan bisnis kamu.

Untuk memudahkan membuat laporan keuangan, kamu dapat menggunakan Swift Accounting aplikasi akuntansi pembukuan online. Swift Accounting adalah sistem terintegrasi dengan standar keamanan, membantu membuat laporan keuangan lengkap dari Neraca, Rugi Laba, Buku Besar dan banyak lagi. Dengan Swift Accounting, kamu dapat mengontrol stok dan transaksi bisnis seperti penjualan dan pembelian barang, dan Swift Accounting akan secara otomatis mengolah transaksi menjadi laporan keuangan yang diperlukan.

Bukan hanya mudah membuat laporan keuangan, Swift Accounting juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan mengelola bisnis. Seperti pembuatan invoice, mengatur stok barang, pajak dan lain-lain. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang fitur Swift Accounting Online, kunjungi website. Segera daftarkan bisnis Anda di Swift Accounting Online sekarang dan nikmati kemudahan dalam pengelolaan bisnis dan keuangan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *