Lindungi Komputer dari Ancaman di Dunia Maya

Kemajuan teknologi membuat hidup kita semakin bergantung pada Internet. Sangat penting bagi kita untuk tidak hanya memahami potensi ancaman terhadap keamanan yang dapat mempengaruhi kita pada saat kita online, tapi juga mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi kita sendiri.

Setiap kali kita terhubung ke Internet, komputer kita beresiko dapat dirusak dan digunakan untuk tujuan jahat oleh para penjahat cyber atau disebut cyber criminal. Misalnya untuk menyebar virus, worms dan malware untuk penipuan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi komputer kita.

  1. Instal dan perbarui perangkat anti-virus dan anti-spyware.
    Perangkat lunak ini membantu mencegah komputer tidak terinfeksi oleh virus, worm dan trojan horse. Namun pastikan mereka dikonfigurasi untuk memperbarui secara otomatis.
  2. Install dan perbarui firewall.
    Firewall mencegah koneksi yang tidak diizinkan ke atau dari komputer Anda. Juga pastikan mereka dikonfigurasi untuk memperbarui secara otomatis.
  3. Gunakan hanya sistem operasi yang didukung.
    Penting untuk memperbarui sistem operasi Anda ke sistem yang didukung oleh vendor. Sistem operasi lama seperti Windows 90an sudah tidak didukung oleh Microsoft membuatnya sangat rentan terhadap serangan.
  4. Aktifkan pembaruan otomatis sistem operasi Anda.
    Sistem operasi seperti Microsoft Windows dan Apple OSX rutin memperbarui sistem operasi mereka untuk memperbaiki kelemahan atau celah keamanan. Perbaharuan ini dikenal sebagai patch atau perbaikan. Ketika Anda mengaktifkan instalasi otomatis perbaikan, Anda mengurangi kemungkinan terekspos ancaman keamanan.
  5. Gunakan sandi yang kuat dan ubah dengan teratur.
    Sandi yang kuat memiliki karakter paling sedikit 8, terdiri dari huruf besar dan kecil, angka dan simbol. Hindari gunakan sandi yang sama pada akun yang berbeda pada Internet.
  6. Perbarui Browser Web Anda dan aktifkan fungsi keamanan.
    Browser Web secara teratur diupdate untuk memperbaiki kelemahan keamanan. Perbarui browser web Anda ke versi terbaru. Fungsi keamanan browser dapat ditemukan pada pengaturan yang masing-masing menjelaskan kegunaannya.
  7. Waspada sebelum membuka tautan link atau lampiran.
    Banyak malware perusak mengandalkan tautan link atau lampiran pada email untuk menginstal virus, worm dan trojan horse pada komputer. Sekalipun pengirim email adalah teman, kerabat atau kolega, perhatikan sebelum membuka tautan link atau lampiran dalam email yang Anda terima, pesan di sosial media atau messenger. Komputer di pengirim bisa saja telah terinfeksi malware dan digunakan untuk menyebar ke seluruh kontak yang ada di buku alamatnya.
  8. Buat backup atau cadangan
    Cadangkan secara rutin data yang penting ke dalam penyimpanan eksternal seperti flash disk atau hard disk eksternal. Ini memastikan data tidak hilang jika terjadi kegagalan hard disk atau komputer terganggu.
  9. Matikan Internet bila tidak menggunakan.
    Komputer yang selalu nyala dan terhubung ke Internet memiliki resiko lebih tinggi diserang oleh kriminal cyber. Matikan komputer dan Internet bila sedang tidak digunakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *