Cara Membuat Komputer Lebih Cepat

Seiring dengan pemakaian, suatu saat performa komputer dapat mengalami perlambatan dan tidak lagi bekerja seperti di saat awal baru pemakaian. Ini disebabkan oleh banyak faktor, beberapa di antaranya adalah bertambahnya perangkat lunak yang terpasang dan digunakan, dan berkurangnya kapasitas memori dan ruang penyimpanan seperti hard disk.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk – meningkatkan performa Windows 10.

Hapus software yang tidak diperlukan

Komputer baru yang kamu baru saja beli sering kali dilengkapi dengan software atau aplikasi yang tidak semuanya terpakai dan hanya menggunakan sumber daya sistem. Kamu dapat menghapusnya dan sekaligus menambah ruang simpan pada komputer kamu.

– Pada windows 10, tekan tombol berlogo Windows pada keyboard
– Klik Settings. Kemudian klik App.
– Kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstal. Klik pada aplikasi yang ingin dihapus.
– Klik Uninstal.

Hapus file yang tidak diperlukan

Beberapa waktu setelah pemakaian komputer, komputer akan terisi dengan data yang kita simpan atau unduh saat belajar atau bekerja. Data ini disimpan di perangkat keras seperti hard drive atau ssd. Tergantung kapasitas penyimpanan, data yang disimpan bisa mencapai batas. Di samping, sistem operasi seperti Windows juga menggunakan sistem penyimpanan sementara saat beroperasi. Makin sedikit sisa ruang penyimpanan, maka sistem operasi akan melambat dalam menjalankan tugasnya, dan hasilnya performa sistem akan menurun. Untuk menghindari hal tersebut, bila ruang penyimpanan sudah makin sedikit, disarankan supaya menghapus file yang tidak diperlukan. Sebagai tambahan, penghapusan data sementara oleh sistem operasi dapat dilakukan sebagai berikut.

– Pada windows, tekan logo Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
– Ini akan menampilkan jendela kecil Run. Pada jendela tersebut, masukkan %temp%
– Tekan Enter.
– Ini akan menampilkan jendela Windows Explorer seperti gambar.

– Pastikan pada telusuran tampil alamat seperti C:\Users\Owner\AppData\Local\Temp
– Folder dan File pada explorer di kanan dapat dihapus. Tekan Ctrl+A dan tombol Hapus.
– File yang dihapus akan masuk ke Recycle Bin, pastikan juga menghapus file yang di Recycle Bin.

Menambah lebih banyak RAM pada komputer

RAM adalah memori penyimpanan sementara yang dipakai sistem operasi saat beroperasi. Lebih banyak ruang penyimpanan membuat sistem bekerja dengan lebih leluasa dan optimal. Ini dapat dirasakan saat kita menjalankan banyak program sekaligus.

Bila kamu tidak dapat menambah RAM sendiri, cara lain adalah dengan bantuan teman atau membawa komputer ke toko komputer langganan kamu. Komputer akan dicek terlebih dahulu apakah RAM bisa ditambahkan.

Periksa Virus dan Spyware

Walaupun telah menggunakan software anti virus, resiko komputer terkena virus bukan tidak ada sama sekali. Hal yang perlu dilakukan adalah secara rutin memperbaharui program anti virus dan melakukan scan komputer untuk mencari virus atau spyware yang mungkin ada pada komputer kamu.

Upgrade Hard Disk ke SSD

Bila komputer kamu masih menggunakan hard disk, dan kamu ingin performa yang lebih baik, maka SSD adalah langkah yang baik untuk meningkatkan kinerja komputer kamu. Cara mengupgrade ke SSD dapat dilakukan sendiri, bantuan teman atau membawa ke toko komputer langganan kamu. Namun sebelumnya, disarankan membackup semua data kamu pada tempat penyimpanan yang aman. Karena langkah mengupgrade ke SSD, mengharuskan proses instal ulang, kemudian memindahkan semua data lama kembali ke SSD.