Bisnis Apa Saja Yang Perlu Sistem Pembukuan?

Benar tapi nyata, sebagian besar orang beranggapan pembukuan akuntansi merepotkan. Akan tetapi, tidak dapat diabaikan bahwa pembukuan yang terjaga dan teratur merupakan dasar dari bisnis yang sukses. Ini pengakuan dari pengusaha sukses. Kebeneran ini juga berlaku bagi usaha pemula dan kecil, sama halnya bagi usaha terbesar.

Sekarang, dari mana Anda memulai dalam mengatur bisnis Anda? Dengan pilihan banyak yang tersedia, dari segi jenis dan tipe program, bagaimana memilih yang terbaik?

Pada umumnya disarankan untuk memiliki sistem yang kuat sebelum memulai bisnis, tetapi ini tidak berarti perlu ahli akuntan yang bekerja penuh waktu, terdapat program software yang dapat mengatur alur kas. Ini sangat penting bagi usaha kecil yang ingin menekan biaya. Jika seorang akuntan hanya diperlukan untuk mengaudit sekali dalam setahun daripada setiap bulan atau minggu, ini akan mengacu ke penghematan yang besar bagi perusahaan.

Anda mungkin berpikir bahwa pembukuan akuntansi sangat rumit untuk diatur, tetapi kenyataannya setiap orang bisa saja menjadi ahlinya, dengan program software yang modern dan mudah.

Sistem Pembukuan Akuntansi Mendasar

Sistem Pembukuan Akuntansi yang paling mendasar adalah dengan pen dan kertas. Sementara ini cara yang paling murah, mungkin hanya sebagian kecil yang memilih cara ini di era bisnis modern. Sedikit saja kesilapan dalam mengarsip faktur akan berakibat serius pada laporan pajak di akhir tahun. Menyusul hadirnya program Microsoft Excel tabel di abad 21, ini menjadi alternatif pilihan lain berbiaya kecil. Namun, ini anggapan yang tidak benar kecuali Anda sudah mahir dengan Excel, Anda perlu menghabiskan waktu dan upaya untuk menguasai semua fungsi dan kalkulasi yang perlu agar tabel bisa dipakai, ini belum termasuk biaya latihan. Di atas semua ini, Anda masih perlu menyimpan berkas fisik dari faktur sebagai referensi.

Software Akuntansi

Langkah berikut adalah dengan mulai menggunakan program software accounting untuk mengatur pengeluaran. Ini merupakan program yang didesain secara khusus untuk menyederhanakan kerumitan dari berbagai proses dalam akuntansi. Ada yang lebih baik dan menawarkan otomatisasi dalam proses memasukkan entri, meringankan kerja Anda. Sementara ada beraneka hingga ratusan pilihan software yang ada, dengan harga yang berbeda, sangat penting bagi Anda memilih yang tepat untuk keperluan bisnis Anda.

Software Swift Accounting

Software Swift Accounting tersedia kapan saja, dan dimana saja dikarenakan teknologi SaaS modern yang didalamnya. Dan dengan basisnya web, tidak mengurungkan pengguna di satu perangkat. Anda tidak perlu menyalakan komputer desktop PC yang lambat untuk menginput pengeluaran, melainkan bisa dengan tablet dengan nyaman di sofa Anda, membuat faktur membeli dari supplier, menjual ke pelanggan, mencatat pengeluaran sebagai asset bila perlu, melihat laporan pengeluaran dan biaya bulanan atau tahunan dan banyak lagi. Di atas itu, laporan laba dan rugi dapat dilihat setiap saat 24 x 7, Anda memiliki kemampuan memberikan akses bagi akuntan sesuai dengan level akses yang perlu. Aplikasi Swift Accounting dibangun dengan keamanan yang tinggi namun mudah dipakai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *