5 Sikap yang Dimiliki Pengusaha Sukses

Kita semua memiliki keahlian, keterampilan dan pengalaman yang memberikan kita kemampuan bekerja dalam hidup kita sehari-hari. Dari beberapa kemampuan ini ada yang kita dapatkan dari belajar, melalui pengalaman, dan beberapa adalah bawaan secara lahiriah. Misalnya, kita melihat seorang tukang kayu memiliki keahlian kerajinan tangan, kemudian seorang pelukis dengan bakatnya menggambar. Dari ini, ada keterampilan yang bisa dipelajari melalui latihan, tetapi banyak diantaranya dari bakat secara alami.

Begitu juga halnya dengan pengusaha, para pengusaha juga memiliki ketrampilan yang khusus. Mereka tidak takut dalam mengambil keputusan, dan mereka juga tidak takut menerima resiko dari keputusan yang telah diambil. Berikut adalah tujuh sikap pengusaha sukses, seperti halnya profesi sebagai pelukis atau tukang kayu, ini adalah sifat yang dimiliki pengusaha sukses dalam menghadapi tantangan dan kendala dalam berbisnis.

Gigih dan Tekun

Dalam dunia usaha, resiko dan tantangan hal yang mutlak ada. Tidak satupun bisnis tidak pernah mengalami masalah, dari penjualan, arus kas, produk, sumber daya, dan lain-lain. Apa yang Anda lakukan pada saat penjualan menurun atau tidak memenuhi target? Dan bagaimana bila dana tidak cukup? Apa yang Anda lakukan dengan pelanggan yang tidak puas? Staf karyawan tidak mencukupi memenuhi permintaan dan berkembangnya usaha Anda. Ini contoh beberapa hal yang dihadapi seorang pengusaha. Dan apa yang dilakukan seorang pengusaha dalam menghadapi masalah pada saat baik maupun buruk atau titik terendah, yang menentukan suksesnya pengusaha. Kemampuan gigih bertahan ataupun bangkit dari kejatuhan merupakan hal yang sangat penting.

Sabar

Gunakan waktu yang cukup dan yang diperlukan untuk membuat sesuatu dengan baik. Produk perlu dites dengan teliti sebelum launching. Lebih baik produk sedikit telat dijual tapi dalam kondisi yang baik, daripada cepat-cepat dijual tapi menimbulkan masalah. Untuk menjadi yang pertama tidak selalu penting, tetapi lebih penting dapat menjadi yang terbaik.

Sukai yang Kamu Lakukan

Sering kali orang berbisnis dimulai dari membuat hobi atau kegemaran kemudian mereka jual. Setelah beberapa tahun bisnis berjalan, yang mulanya hobi atau kegemaran mungkin berubah menjadi usaha atau pekerjaan sehari-hari yang harus dihadapi. Kemudian seiring kesukaan perlahan hilang. Pengusaha yang sukses berusaha mencari cara untuk tetap menjadi hobinya. Dengan mengerjakan sesuatu yang kita sukai, maka besar kemungkinan kita akan mengerjakannya dengan lebih baik dan dalam waktu yang lebih lama.

Memiliki Nilai

Sering dikatakan Perlakukanlah pelanggan seperti apa yang Anda ingin diperlakukan. Hanya dengan menjual produk yang bagus tidak cukup. Untuk mendapatkan pelanggan yang puas dan yang penting akan berkunjung kembali, memerlukan lebih dari sekedar produk yang bagus. Apakah layanan yang diberikan baik? Apakah staf yang memberikan layanan tersebut membantu dengan ramah? Layanan yang baik disamping produk yang baik sangat penting dalam setiap usaha. Pengusaha yang sukses memerhatikan dan mengambil waktu untuk menanamkan nilai pedoman bagi jalannya usaha bagi setiap orang yang menjalankannya.

Kreatifitas

Melihat sesuatu yang belum ada merupakan salah satu kreatifitas dalam usaha. Atau melihat jauh dari yang sudah ada walaupun produk dan jasa tersebut sudah ada sebelumnya. Jadi, mencari cara baru untuk menjual, cara baru untuk melebihi ekspektasi pelanggan, ataupun cara baru yang lebih baik lebih cepat dalam memecahkan masalah. Banyak pelanggan tidak berhenti pada satu produk, mereka selalu mencari produk yang lebih baik dan lebih berguna bahkan lebih cepat bagi masalah mereka. Ini menjadi pertanda baik bagi usaha. Pengusaha sukses selalu berusaha mengembangkan kreatifitas dalam menghadapi perkembangan yang kian dinamis.

Arus Kas Positif

Saat memulai bisnis, pengusaha sukses harus berusaha agar arus kas menjadi positif seawal mungkin dan menjaganya untuk tetap positif. Fokus meningkatkan pemasukan atau omset lebih penting daripada mencari dana investor, terutama pemasukan yang bersifat berulang atau Recurring. Di samping itu, pengeluaran harus dijaga sekecil mungkin. Kemudian, pastikan melakukan investasi pada perkembangan pasar yang memberikan nilai kembali investasi yang baik. Pengusaha sukses senantiasa memantau jalannya bisnis dan keuangan usahanya dan kemudian mengambil keputusan yang perlu dan cepat bagi perkembangan usaha. Ini terjadi dengan didukung adanya sistem yang dapat memberikan informasi bisnis dan keuangan dimana dan pada saat diperlukan. Swift Accounting Online adalah aplikasi akuntansi pembukuan keuangan yang banyak digunakan oleh pengusaha agar mereka dapat mengatur dan mengontrol usaha mereka dengan cepat, aman dan mudah.

Jadi, berapakah dari sifat pengusaha yang kamu miliki? Mungkin kamu sudah merasa memiliki nilai tersebut, tapi masih belum kamu terapkan. Tetapi, apakah kamu memiliki tujuan atau cita-cita bagaimana menggunakannya dalam menjalankan bisnis dan menjadikan kamu menjadi lebih sukses?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *